Cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal
Cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal

Cara Meningkatkan Kecepatan Hardisk Eksternal

Diposting pada

Hardisk esternal kini menjadi salah satu media penyimpanan yang disukai oleh banyak orang. Sebab device ini memiliki ukuran yang ringkas namun memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung berbagai jenis file. Tetapi ada kalanya ketika kita hendak menyalin data dari komputer ke hardisk atau sebaliknya terdapat kendala yaitu lamanya proses transfer data.

Cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal
Cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips kepada Anda yang sedang mengalami masalah berupa hardisk eskternal yang lemot ketika melakukan transfer data.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Hardisk

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal. Cara ini tentu saja sangat mudah dan tidak memerlukan software tambahan.

Cara Meningkatkan Kecepatan Hardisk Eksternal

  1. Pastikan hardisk eksternal Anda sudah terhubung dengan laptop atau komputer. Lalu ke menu Start dan ketik “Device Manager” kemudian klik.
  2. Maka akan muncul list hardware yang yang ada. Pilih saja Disk Drive lalu klik dua kali pada USB Drive atau nama hardisk eksternal Anda.
  3. Pilih tab Policies lalu pada removal policy pilih yang Better Performance, dan klik OK
  4. Selesai, jika ingin mencabut hardisk dari komputer Anda jangan lupa untuk melakukan eject terlebih dahulu ya.

Nah itulah tips dari saya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kecepatan hardisk eksternal. Namun jika Anda merasa cara ini masih kurang terlalu berpengaruh terhadap kecepatan copy hardisk Anda, Silahkan perhatikan beberapa hal berikut ketika hendak melakukan copy file antara hardisk dengan komputer.

1. Jangan Copy Banyak File Sekaligus

Kesalahan yang bisa memperlambat proses transfer file antara hardisk dengan komputer adalah melakukan transfer banyak file secara sekaligus. Jadi, saya sarankan, misal jika ingin mengcopy file 20 GB lakukanlah sebanyak 2 – 3 kali. Jangan langsung 20 GB karena kecepatannya tentu akan sangat lambat.

2. Gunakan Windows Versi Terbaru

Cara cepat copy data hardisk yang berikutnya yaitu dengan menginstal sistem operasi Windows versi terbaru. Windows 10 yang merupakan versi Windows terbaru saat ini menurut saya memiliki kelebihan yaitu cepatnya proses transfer data.

3. Gunakan Software Teracopy

Cara cepat copy data ke hardisk external yang lainnya yaitu dengan menggunakan software yang bernama Teracopy. Caranya silahkan instal software TeraCopy di komputer Anda, maka secara otomotis aplikasi ini akan aktif ketika Anda melakukan transfer file berukuran besar.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk

Cara lainnya untuk meningkatkan kinerja hardisk eksternal yang lamban adalah dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Scan dengan Antivirus

Ketika Anda melakukan mencolokan hardisk eksternal ke laptop bisa saja virus yang ada di dalam laptop tersebut ikut terbawa ke hardisk Anda. Yang tentu saja bisa mempengaruhi kinerja hardisk. Jadi, usahakan untuk melakukan proses scanning hardisk eksternal anda dengan antivirus.

2. Hapus File Duplikat di dalam Hardisk

Biasanya karena tidak disengaja terdapat file yang duplikat di dalam hardisk eksternal. Hal ini akan membuat penyimpanan hardisk menjadi cepat penuh dan dapat mempengaruhi kecepatan dan kinerjanya. Jadi, cek kembali file yang ada di hardisk Anda pastikan tidak ada file yang duplikat ya.

3. Hapus Data yang Tidak Penting

Data yang tidak penting juga saya sarankan untuk dihapus. Karena ini juga bisa membuat penyimpanan hardisk menjadi cepat penuh karena file-file sampah yang sebenarnya tidak penting. Jadi, jangan malas untuk cek kembali setiap file yang ada di hardisk.

4. Format Hardisk

Cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal yang menurut saya cukup ampuh. Yap, dengan cara melakukan format hardisk. Karena ketika Anda melakukan proses format, maka penyimpanan akan kembali kosong, semua virus yang ada menjadi hilang, dan akan membuat hardisk eksternal menjadi kembali optimal kinerjanya sama seperti baru.

Nah itulah beberapa tips untuk meningkatkan kinerja hardisk eksternal. Demikianlah ulasan artikel kali ini tentang cara meningkatkan kecepatan hardisk eksternal, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Gambar Gravatar
Semoga artikel di blog ini bermanfaat untuk Anda. Untuk keperluan bisnis silahkan hubungi kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *