Dua Siswa SMPN 5 Bogor Jadi Penulis dan Ilustrator

Dua Siswa SMPN 5 Bogor Jadi Penulis dan Ilustrator

Dua Siswa SMPN 5 Bogor Jadi Penulis dan Ilustrator

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Bogor menerapkan program Derap Lima Membaca

(Delica). Program ini termasuk penerapan kurikulum 2013 (kurtilas) dan literasi sekolah. Kepala SMPN 5 Kota Bogor Warsadi mengatakan, program Delica ini bertujuan untuk meningkatkan budaya baca bagi siswa dan guru SMPN 5 Kota Bogor.

Setiap lima belas menit sebelum dimulai jam pelajaran, siswa dan guru harus membaca buku

yang ada di perpustakaan. “Kami membangun antusiasme siswa dalam budaya membaca. Dengan adanya literasi sekolah, kami berharap agar kegiatan membaca ini menjadi budaya yang dilakukan siswa dan guru,” kata Warsidi.

Dengan adanya program Delica, lanjut dia, terlihat sekali perubahan minat baca siswa

. Selain itu, mereka lebih banyak yang datang ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku. Bahkan siswa SMPN 5 Kota Bogor sudah ada yang menjadi penulis serta melakukan kerjasama dengan pihak penerbit dalam hal ilustrasi gambar pada buku yang diterbitkan penerbit tersebut.

“Dengan kata lain siswa kami sebagai ilustrator. Siswa tersebut atas nama Early Nur Azizah kelas 8. Adapula yang sudah menerbitkan lima judul buku cerita atas nama Rubee Putri Kelas 9,” ungkap Warsadi.

Ia mengaku bangga dengan prestasi dua siswa tersebut. “Kami berharap agar ini bisa menular atau berimbas pada siswa yang lain,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SFD5T8J