Elastisitas

Elastisitas

Elastisitas

Konsep elastisitas sangat berguna untuk mengetahui sejauh mana responsifnya permintaan terhadap perubahan harga. Oleh sebab itu perlu dikembangkan satu pengukuran kuantitas yang menunjukkan sampai di mana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap perubahan permintaan. Ukuran ini dinamakan elastisitas permintaan. Adapun ukuran kuantitatif sebagai akibat perubahan harga terhadap perubahan jumlah barang yang ditawarkan disebut elastisitas penawaran.

 

Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan digunakan untuk mengukur besarnya kepekaan jumlah barang yang diminta akibat adanya perubahan harga barang itu sendiri. Tingkat elastisitas permintaan terhadap berbagai macam barang dan jasa akan berbeda-beda.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

  1. Tingkat Kemudahan Barang yang Bersangkutan untuk Digantikan oleh Barang Lain
  2. Besarnya Proporsi Pendapatan yang Digunakan
  3. Jangka Waktu Analisis
  4. Elastisitas Penawaran

Pengukuran elastisitas

tidak hanya berlaku untuk permintaan saja, namun konsep elastisitas, juga dapat digunakan untuk menerangkan perubahan penawaran. Elastisitas penawaran mengukur responsif penawaran sebagai akibat perubahan harga.

Tingkat elastisitas penawaran dipengaruhi oleh dua faktor yang dianggap sangat penting di dalam menentukan elastisitas penawaran, yaitu:

  1. Sifat Perubahan Biaya
  2. Jangka Waktu Analisis

Sumber : https://solopellico3p.com/