Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk
Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk

Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk

Diposting pada

Hardisk eksternal adalah media penyimpanan portable yang bisa dibawa kemana-mana layaknya flashdisk. Fungsi hardisk eksternal pun juga sama seperti flashdisk, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis data dan file.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Hardisk

Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk
Kelebihan dan Kekurangan Hardisk Eksternal Dibandingkan Flashdisk

Namun, terdapat beberapa perbedaan antara hardisk eksternal dan flashdisk sebagai memory portable. Nah, pada kesempatan kali ini, The Clerisy akan memberikan ulasan kepada Anda tentang kelebihan dan kekurangan hardisk eksternal dibandingkan flashdisk. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan media penyimpnanan ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Kelebihan Hardisk Eksternal Dibanding Flashdisk

Berikut adalah beberapa kelebihan hardisk eskternal yang membuat banyak orang lebih tertarik menggunakannya ketimbang flahsdisk.

1. Kapasitas Lebih Besar

Kelebihan hardisk eksternal yang utama tentunya terletak pada kapasitasnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan flashdisk. Umumnya hardisk portable dijual dengan varian kapasitas mulai dari ratusan GB sedangkan flashdisk biasanya dijual dengan varian mulai dari satuan hingga puluhan GB. Dengan kapasitas yang besar tentunya kita sebagai pengguna bisa lebih leluasa dalam menggunakannya sebagai tempat penyimpanan berbagai file seperti game, film, software, dan lain-lain.

2. Transfer Data Lebih Cepat

Saya pribadi sudah pernah membandingkan antara kecepatan transfer hardisk eksternal dengan flashdisk ketika digunakan untuk mengcopy file dengan laptop. Dan tentu saja dalam hal ini hardisk eskternal menang telak. Tidak perlu diragukan lagi, bagi Anda yang ingin menyalin file dengan cepat, maka hardisk eksternal adalah pilihan media penyimpnan yang tepat untuk digunakan.

3. Jika Rusak Bisa Diperbaiki

Keunggulan hardisk eksternal yang selanjutnya yaitu terkait life time. Hardisk merupakan penyimpanan yang kerjanya berdasarkan sistem mekanik. Jadi, ketika mengalami kerusakan masih bisa dibongkar untuk dicari penyebab kerusakannya sehingga bisa segera diperbaiki. Sedangkan flashdisk, karena ukurannya yang sangat kecil cukup sulit untuk mecari kerusakannya dan sulit juga untuk memperbaikinya.

Kekurangan Hardisk Eksternal Dibanding Flashdisk

Di samping kelebihan, tentu saja ada kekurangan, nah berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh hardisk eksternal jika dibandingkan dengan flashdisk.

1. Ukuran Device Lebih Besar dan Berat

Dari segi ukuran, hardisk eksternal jauh lebih besar dibandingkan dengan flahsdisk. Mungkin jika membawa flashdisk bisa dengan mudah diletakan di saku celana. Namun tidak semudah itu ketika membawa hardisk eksternal. Ukurannya yang cukup besar dan berat rasanya tidak memungkinkan untuk diletakan di dalam saku.

2. Berisik Ketika Sedang Beroperasi

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, hardisk eksternal tersusun atas komponen mekanik yang mana di dalamnya terdapat piringan yang berputar secara terus-menerus ketika sedang digunakan. Hal ini membuat hardisk menjadi lebih berisik ketimbang flashdisk yang sama sekali tidak mengeluarkan suara ketika digunakan.

3. Ringkih Terhadap Benturan

Bagi Anda yang sudah menggunakan hardisk eksternal, selalu berhati-hati ketika membawanya. Sebab jika terjatuh atau terbentur maka cukup berpotensi untuk menyebabkan terjadinya bad sector pada hardisk tersebut. Hal terparah yang bisa terjadi akibat ini adalah hilangnya data yang ada di dalam hardisk. Oleh sebab itu, pastikan setelah Anda menggunakan hardisk eksternal, letakan kembali di dalam tas atau wadahnya agar terlingdungi ketika terjadi benturan.

Baiklah, demikian ulasan yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini terkait kelebihan dan kekurangan hardisk eksternal dibandingkan flashdisk, semoga bermanfaat dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya.

 

Gambar Gravatar
Semoga artikel di blog ini bermanfaat untuk Anda. Untuk keperluan bisnis silahkan hubungi kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *