Ketahui Waktu Akses Dengan Pingdom Tools

Ketahui Waktu Akses Dengan Pingdom Tools

Ketahui Waktu Akses Dengan Pingdom Tools

Pingdom Tools merupakan salah satu website yang menyediakan layanan website monitoring (uptime/downtime) dengan memberikan satu account gratis berbagai fitur monitoring layaknya waktu menggunakan layanan berbayar, termasuk informasi/peringatan melalui sms dan email jika website/blog mengalami down atau tidak dapat diakses.

Cara kerja dari Pingdom Tools ini adalah dengan cara menghitung load/beban file-file yang terdapat di website kita menjadi per masing-masing bagian. Misalnya di dalam website kita terdapat logo dengan nama logo.jpg dengan ukuran file 32 kb , maka berapa waktu load kita membuka logo tersebut secara online akan terlihat langsung.

Terdapat tiga tools yang langsung dapat kita gunakan secara online yaitu Full Page Test, DNS Health dan Ping and Traceroute. Pada tulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Full Page Test. Untuk DNS Health dan Ping and Traceroute digunakan hanya untuk mengecek performa server tempat kita hosting.

Full page test berguna untuk mengecek loading page satu-persatu file website. Anda tinggal memasukkan alamat website yang ingin diketahui loading pagenya lalu klik Test Now.

Lalu akan tampil waktu loading yang di eksekusi oleh Pingdom Tools dari masing-masing file yang terletak di kolom sebelah kiri dan di jelaskan secara detail di kolom sebelah kanan. Selain itu Pingdom Tools juga menampilkan loading time website anda secara keseluruhan. Jadi apabila terdapat satu file yang loading timenya di atas 10 sec , maka anda sebagai pemilik website harus mencari cara untuk meningkatkan performa website anda.

Baca Juga :