Memilih Aplikasi Activity Tracking Terbaik di iPhone

Memilih Aplikasi Activity Tracking Terbaik di iPhone

 

 

 Memilih Aplikasi Activity Tracking Terbaik di iPhone

Memilih Aplikasi Activity Tracking Terbaik di iPhone

NGONOO.com; Activity Tracking beberapa tahun ini mulai mendapatkan minat bagi para pengguna Smartphone, bahkan para produsen juga sudah mulai berlomba membuat Activity Tracker yang lebih wearable (bisa dipake) seperti Jawbone dengan seri UP nya, FitBit dengan berbagai macam seri, Nike dan Fuel Band nya, dan masih banyak lagi.

Oiya jangan lupakan Samsung dengan seri Gear nya, Sony, dan konon LG akan hadir juga pada tanggal 18 Mei 2014 ini. Ada juga yang tak sekedar Activity Tracker, ada juga yang sudah ngarah2 ke Smartwatch. Tapi kami nggak akan bahas itu. Kami akan bahas beberapa aplikasi yang bertebaran di AppStore, aplikasi yang termasuk kategori menunjang kesehatan.

Kebanyakan Activity Tracking saat ini mempunyai fitur mencatat langkah. Kemudian ada informasi berapa kalori yang dibakar dan sejenisnya. Kami disini tidak akan memasukan Aplikasi2 yang menunjang kesehatan seperti RunKeeper, Endomondo, Nike+ dan sejenisnya.

Kami akan fokus ke Activity Tracking yang berjalan otomatis, bahasa kasarnya Install > Setup > Forget

Maksudnya setelah install biarkan aja berjalan dan kita bisa pantau hasilnya sewaktu2. Dan setelah mencoba beberapa diantaranya. Kami memberikan beberapa Aplikasi layak coba. Kami sengaja tidak memberikan berdasarkan rangking. Tapi kami memberikan beberapa detail sesuai pengalaman kami.

Perlu dicatat kami melakukan ujicoba menggunakan iPhone 5 yang belum dilengkapi Prosesor M7 yang mendeteksi langkah itu. Jadi kami tidak sempat mencoba aplikasi2 yang spesial desain untuk Activity Tracking with iPhone 5s (M7) tadi.
Moves

Aplikasi ini sempat menjadi favorit kami, secara performa memuaskan dan nyaman, Install and Forget lah. Kita bahkan bisa integrasi dengan Foursquare untuk Auto Check ini. Secara fitur tracking jalan dan kalori saja dan fitur sosial masih terbatas. Performa terhadap baterai? Cenderung boros karena akses data terus (karena Moves App, melakukan kalkulasi langkah dengan GPS dan juga Online Server). Tampilan keren tapi perlu fitur sosial.

Aplikasi Moves App ini buatan Eropa, Saat ini Moves App telah dibeli Facebook. Jadi kami nggak tau nasib kedepannya. Kita tau sendiri kan Facebook…

Download | Harga Gratis
Fjuul – Fitness Tracker & Lifestyle Tool

Sama seperti Moves App, aplikasi ini juga buatan Eropa. UI sangat khas dengan iOS 7, interface nyaman, fitur sosial juga OK, dan di Fjuul ada fitur Fjuul Point yang dihitung dengan kalkukasi Fjuul. Konon fitur ini untuk memberikan data yang lebih baik, jadi tidak melulu Langkah dan Kalori. Mengenai Akurasi, penulis melihat aplikasi ini termasuk Loman atau mudah kasih bonus. Bonus yang saya maksud adalah bonus Step atau langkah. Sering penulis naik Motor atau Mobil, tiba2 Fjuul kasih bonus antara 200-2000 langkah.

Fjuul aplikasi berbayar seharga 12.000 IDR. Silahkan dicoba dan dibuktikan sendiri. Yang cukup menarik dari Fjuul adalah respon Developernya baik lewat Twitter maupun Email termasuk Sat-set; Bat-bet™

Download | Harga 12.000 IDR
Pacer – Pedometer plus Weight Management and Blood Pressure Tracker

Aplikasi dengan dominan warna biru ini ada 5 menu utama, Trends, Plan, Step, Groups dan More. Aplikasi Gratis dengan iklan. Walaupun ada versi PRO yang kita harus bayar sekitar 24.000 IDR. UI menarik akurasi langkah lumayan bagus walaupun terkadang kita swing atau goyangkan iPhone akan dihitung langkah sama Pacer, jadi jangan sering bergoyang yaa. Di Pacer kita bisa gunakan mode GPS atau tidak, tentu saja ketika Mode GPS aktip baterai akan lebih boros. Jadi yaa gitu deh.

Download | Harga Gratis (In-App Purchase)
Striiiv

Striiv mempunyai dua jenis, dengan Striiv Device dan dengan Striiv App sendiri. Secara kami test dan gunakan Striiv

ini cenderung boros baterai karena nggak tau kenapa. UI sih lumayan ok. Dan yang menarik ada Game dalam aplikasi ini, dimana semakin banyak step kita nanti akan dapat something yang bisa dipake untuk membangun sebuah Dunia Virtual. Coba saja.. Dan silahkan di ujia apakah aplikasi ini layak untuk kalian coba.

Sayangnya kami kesulitan untuk mengontak ke Developer Striiv, baik lewat Twitter maupun website.

Download | Harga Gratis
MotionX 24/7

Ini aplikasi yang saat ini masih kami pakai, akurasi cukup baik dan lumyan ramah baterai. Yang membuat kami suka adalah aplikasi ini selain mencatat langkah, juga heart rate dan sleeping. Tau nggak MotionX adalah sebuah engine yang dipakai juga oleh Nike+ Running dan Jawbone. Jadi gitu deh.. Enaak…. Kami mencoba Sleep Tracking nya yang membuat kami merasa WOW adalah aplikasi ini bisa mendeteksi dengkuran kita. Dan nantinya kita bisa rekam. Jadi waktu bangun tidur kita bisa atur untuk check Hearth Rate kemudian kita bisa simak hasil tidur kita termasuk jam berapa kita mendengkur. #selo kan?

Aplikasi ini yang membuat kami belum ngeh adalah soal UI, dan mungkin ditambah mode Sosial dan tentu saja

Food Tracking.

Download | Harga 12.000 IDR

Sebenarnya jika kalian sudah ber iPhone 5s (kode) kalian banyak sekali bisa menemukan aplikasi2 yang sudah support M7 prosesor. Apa keuntungannya? Salah satunya beban baterai akan terkurangi. karena M7 adalah proses indipendent yang mroses mandiri. Jadi aplikasi itu hanya jadi pembaca data. Misalnya ada Pedometer++.

Salah satu aplikasi spesial untuk iPhone 5s dan cukup menarik adalah Breeze dari Run Keeper. Tapi bagi non iPhone

5s bisa jadi akan bahagia karena lewat akun Twitternya sedang dikembangkan Breeze untuk Non iPhone 5s atau Non M7. Mari ditunggu saja.

Teru dari apliasi2 diatas rekomended yang mana? Duh.. kalau kami sih hanya memaparkan.. tapi kalau rekomended yang mana silahkan dicoba.. sendiri dan berbagi dengan kami pengalamannya.

Baca Juga: