Pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah

Pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah

Pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah

Pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah

Pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah juga menempuh tahap-tahap kegiatan seperti: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan laporan.

Pertama, perencanaan. Pada tahap perencanaan, hal-hal yang dilakukan adalah a). Menetapkan kasus dan klien yang mengalaminya yang memerlukan kunjungan rumah, b).Meyakinkan klien tentang pentingnya kunjungan rumah, c).Menyiapkan data atau informasi pokok yang perlu dikomunikasikan kepada keluarga, d) menetapkan materi kunjungan rumah atau data yang perlu diungkapkan dan peranan masing-masing anggota keluarga yang akan ditemui, e). Menyiapkan kelengkapan administrasi.

Kedua, pelaksanaan. Pada tahap ini hal-hal yang dilakukan adalah a) mengomunikasikn rencana kegiatan kunjungan rumah kepada berbagai pihak yang terkait, b) melakukan kunjungan rumah dengan melakukan kegiatan-kegiatan; 1. Bertemu orang tua atau wali siswa atau anggota keluarga lainnya, 2. Membahas permasalahan siswa, 3. Melengkapi data, 4. Mengembangkan komitmen orang tua atau wali siswa atau anggota keluarga lainnya, 5. Menyelenggarakan konseling keluarga apabila memungkinkan, 6. Merekam dan menyimpulkan hasil kegiatan.

Ketiga, evaluasi. Pada tahap ini hal-hal yang dilakukan adalah; a. Mengevaluasi proses pelaksanaan kunjungan rumah, b. Mengevaluasi kelengkapan dan keakuratan hasil kunjungan rumah, serta komitmen orang tua/ wali/ anggota keluarga lain, c.Mengevaluasi penggunaan data hasil kunjungan rumah dalam pengentasan masalah klien, d. Analisis terhadap efektifitas penggunaan hasil kunjungan rumah terhadap penanganan kasus, khususnya pengentasan masalah klien.

Keempat, analisis hasil evaluasi. Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah melakukan anlisis terhadap evektifitas penggunaan hasil kunjungan rumah terhadap pemecahan kasus siswa.

Kelima, tindak lanjut. a. Mempertimbangkan apakah diperlukan kunjungan rumah ulang atau lanjutan. b. Mempertimbangkan tindak lanjut layanan dengan menggunakan data hasil kunjungan rumah yang lebih atau akurat.

Keenam, laporan. Pada tahap ini pembimbing atau konselor melakukan kegiatan. a. Menyusun laporan kegiatan KRU, b. Menyampaikan laporan kepada pihak terkait, c. Mendokumentasikan laporan.

Sumber : https://cialis.id/