Pengertian Retailing Menurut Para Ahli

Pengertian Retailing Menurut Para Ahli

Pengertian Retailing Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi retailing menurut beberapa ahli:

Menurut Levy dan Weitz (2001:8)

“Retailing adalah satu rangkaian aktivitas bisnis untuk menambah nilai guna barang dan jasa yang dijual kepada konsumen untuk konsumsi pribadi atau rumah tangga”. Jadi konsumen yang menjadi sasaran dari retailing adalah konsumen akhir yang membeli produk untuk dikonsumsi sendiri.

Menurut Berman dan Evans (2001:3)

“Retailing merupakan suatu usaha bisnis yang berusaha memasarkan barang dan jasa kepada konsumen akhir yang menggunakannnya untuk keperluan pribadi dan rumah tangga”. Produk yang dijual dalam usaha retailing adalah barang, jasa maupun gabungan dari keduanya.

Menurut Kotler (2000:502)

retailing yaitu: “Penjualan eceran meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang atau jasa pada konsumen akhir untuk dipergunakan yang sifatnya pribadi, bukan bisnis”.

Menurut Gilbert (2003:6)

Retail adalah semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi.

Berdasarkan definisi-definisi retailing di atas, maka penulis dapat merumuskan beberapa hal mengenai retailing, yaitu:
  • Retailing atau usaha eceran adalah mata rantai terakhir dari saluran distribusi.
  • Retailing mencakup berbagai macam aktivitas, namun aktivitas yang paling pokok adalah kegiatan menjual produk secara langsung kepada konsumen.
  • Produk yang ditawarkan dapat berupa barang, jasa atau kombinasi keduanya.
  • Pasar sasaran atau konsumen yang menjadi target adalah konsumen non bisnis, yaitu yang mengkonsumsi produk atau kebutuhan pribadi dan rumah tangga.

Sumber:

https://weareglory.com/