PERANAN SUMBER DAYA ALAM

PERANAN SUMBER DAYA ALAM

PERANAN SUMBER DAYA ALAM

 

Peranan relative dari sumber alam

dalam perkembangan ekonomi cenderung turun bila perekonomian makin berkembang. Sehingga dengan naiknya pendapatan maka hasrat untuk berkonsumsi marginal pada sumber-sumber alam berkurang dan input alat-alat produksi per satuan out put untuk sumber alam akan menurun atau setidak-tidaknya tetap.

 

Secara relative peranan sumber daya

memang semakin kecil tetapi secara absolute semakin banyak jumlah dan macam sumber daya alam yang diolah sehingga berubah dari sumber daya alam potensial menjadi sumber daya yang riil sifatnya.

Perbedan antara Negara-negara yang sudah maju dan rendah pendapatanya tidaklah terletak pada tersedianya sumber daya alam tetapi terletak pada tingkat penggunaan sumber daya yang ada.

 

Peranan sumber daya alam masa sekarang adalah

lain. Karena dengan melalui perdagangan atau membawa barang subsitusi, akan dapat memperoleh bahan yang sebelumnya tidak dimilikinya : Sejarah Masyarakat Indonesia Pra Aksara : Ciri, Metode dan Periodisasi

Misalnya: bahan serat dijepang, karena  kurangnya sutera, kapas dan wool sehingga terpaksa dibuat dari bambu. Kekurangan sumber daya alam dapat mendorong kemajuan dengan penciptaan barang-barang subsitusi dan barang dengan penemuan  serta semangat untuk terus mengadakan penyelidikan.

 

SIFAT-SIFAT DAN MACAM SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam tidak hanya meliputi jumlah bahan-bahan yang ada yang menunggu untuk dieksploitasi dan digunakan, tetapi sumber-sumber alam itu sendiri juga dinamis dan berubah-ubah sifatnya. Sebagai contoh dipantai selatan antara cilacap dan parang teritis tersimpan deposit pasar besi yang semula belum diketahui dan baru dieksploitasi mulai tahun 1970.

Macam-macam sumber daya alam antara lain :

  1. Sumber daya alam yang yang tidak dapat habis, Meliputi udara,energi materi dan air hujan
  2. Sumber daya alam yang dapat diganti atau dapat diperbaikidan dipelihara, Meliputi air yang ada ditempat
  3. Sumber daya alam yang dapat diperbaiki, Mencakup sumber daya miniral.

Kelompok Roma merasa khawatir karena ditemukanya hubungan terbalik antara pertumbuhan ekonomi dan sumber daya alam. Sehingga dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi, maka semakin sedikit sumber daya alam yang tersedia dibumi. Sehingga kelompok Roma ini mengajak kita untuk dapat menyadari dan dapat berfikir jauh kedepan serta tidak berpandangan sempit, Artinya didalam kita menggunakan sumber daya alam saat ini, kita harus juga memikirkan dimasa yang akan datang sehingga kita harus menggunakan sumber daya alam tersebut secara efektif dan efisien.

Sumber Materi : https://guruips.co.id/