Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran fauna di Indonesia dapat dibedakan menjadi tipe fauna Indonesia barat, tipe fauna Indonesia tengah (tipe peralihan), dan tipe fauna Indonesia timur.

  1.   Tipe Fauna Indonesia Barat

Fauna Indonesia barat bertipe Asiatis. Artinya, fauna Indonesia barat memiliki kemiripan dengan fauna yang ada di Benua Asia. Persebaran fauna Indonesia barat meliputi Pulau Sumatra dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Pulau Jawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Pulau Bali, serta Pulau Kalimantan. Terdapat garis khayal yang membatasi antara wilayah fauna Indonesia barat dan wilayah Indonesia tengah, yaitu garis Wallacea. Jenis fauna Indonesia barat di antaranya sebagai berikut.

  •   Jenis Mamalia

Jenis mamalia di antaranya meliputi badak, gajah, banteng, harimau, kerbau, orang utan, rusa, tapir, dan kijang.

  •   Jenis Reptil

Jenis reptil di antaranya meliputi trenggiling, ular, buaya, kadal, kura-kura, biawak, tokek, dan bunglon.

  •    Jenis Burung

Jenis burung di antaranya meliputi elang Jawa, burung hantu, dan jalak.

  •   Jenis Serangga

Jenis serangga misalnya adalah kumbang Jawa.

  •   Jenis Ikan Air Tawar

Jenis ini misalnya adalah ikan pesut (ikan sejenis lumba-lumba yang hidup di air tawar di Sungai Mahakam).

  1.    Fauna Indonesia Tengah

Fauna Indonesia tengah sering disebut sebagai tipe fauna peralihan. Tipe fauna ini tidak memiliki kemiripan dengan tipe fauna Indonesia barat maupun tipe fauna Indonesia timur. Di antara tipe fauna Indonesia tengah terdapat tipe fauna asli Indonesia, misalnya komodo, anoa, dan maleo. Daerah yang memiliki tipe fauna Indonesia tengah adalah Pulau Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya serta Kepulauan Nusa Tenggara. Jenis fauna Indonesia tengah, antara lain jenis mamalia (anoa, babi rusa, tarsius, kuskus, dan monyet hitam), jenis reptil (komodo), jenis amfibi (katak air, katak pohon, dan  katak terbang), serta jenis burung (elang Flores, celepuk siau, elang Sulawesi, dan maleo).

  1.    Fauna Indonesia Timur

Fauna Indonesia timur bertipe Australis. Artinya, fauna Indonesia timur memiliki kemiripan dengan fauna yang ada di Benua Australia. Persebaran fauna Indonesia timur meliputi Pulau Papua dan pulau-pulau kecil sekitarnya, serta Kepulauan Maluku. Jenis fauna Indonesia timur, antara lain jenis mamalia (kanguru, nokdiak/landak Irian, oposum/pemanjat berkantung, dan wallaby) serta berbagai jenis burung. Indonesia timur kaya akan berbagai jenis burung, di antaranya seperti burung cenderawasih, kasuari, nuri, dan kakatua. Garis khayal yang membatasi antara wilayah fauna Indonesia timur dan wilayah Indonesia tengah yang disebut garis Webber.


Sumber:

https://kelasips.co.id/