Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek

Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek

Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek

Metrik perangkat lunak mengacu pada suatu jangkauan luas pengukuran perangkat lunak computer. Pengukuran dapat diteraperangkat kerasan pada proses perangkat lunak guna mengembangkannya dengan dasar yang kontinu. Pengukuran dapat digunakan di seluruh proyek perangkat lunak untuk membantu perhitungan, control kualitas, perkiraan produktivitas, dan control proyek. Akhirnya, ppengukuran dapat digunakan oleh perekayasa perangkat lunak untuk membantu memperkirakan kualitas produk kerja teknis untuk membantu mengambil keputusan taktis pada saat proyek sudah berjalan.

PENGUKURAN, METRIK, DAN INDIKATOR

Measure = kuantitatif dari luasan, jumlah, dimensi, kapasitas, atau ukuran dari atribut sebuah proses atau produk.

Measurement = kegiatan menentukan sebuah measure (pengukuran).

Metrik = ukuran kuantitatif dari tingkat dimana sebuah system, komponen, atau proses memeiliki atribut tertentu.

Pengukuran terjadi sebagai hasil dari pengumpulan satu data atau lebih. Metric perangkat lunak menghubungkan pengukuran individu dengan banyak cara.

Rekayasa perangkat lunak mengumpulkan pengukuran dan mengembangkan metric sehingga diperoleh suatu indicator.

Indicator = sebuah metric atau kombinasi dari metric yanbg memberikan pengetahuan ke dalam proses perangkat lunak, sebuah proyek perangkat lunak atau produk itu sendiri.

Indicator memberikan pengetahuan yang memungkinkan manajer proyek atau perekayasa perangkat lunak menyesuaikan proses, proyek, dan produk untuk membuat semuanya menjadi lebih baik.

METRIK DALAM PROSES DAN DOMAIN PROYEK

Metric harus dikumpulkan sehingga indicator proses dan produk dapat dipastikan. Indicator proses memungkinkan sebuah organisasi rekayasa perangkat lunak memperoleh pengetahuan tentang reliabilitas sebuah proses yang sedang berlangsung (misalnya paradigma, tugas-tugas rekayasa perangkat lunak, produk kerja, dan kejadian penting). Indicator proses memungkinkan manajer dan pelaksana memperkirakan apa yang harus dikerjakan dan yang tidak. Metric proses dikumpulkan di seluruh proyek dan pada perkembangan proses perangkat lunak jangka panjang.

Indicator proyek memungkinkan manajer proyek perangkat lunak:

  1. memperkirakan status sebuah proyek yang sedang berlangsung,
  2. menelusuri resiko-resiko potensial,
  3. menemukan area masalah sebelum masalah menjadi semakin rumit,
  4. menyesuaikan aliran kerja atau tugas-tugas, dan
  5. mengevaluasi kemampuan tim proyek untuk mengontrol kualitas hasil kerja rekayasa perangkat lunak.

Metrik Proses dan Peningkatan perangkat lunak

Satu-satunya cara yang paling rasional untuk meningkatkan proses adalah dengan mengukur atribut tertentu dari proses, mengembangkan serangkaian metric yang berarti berdasarkan atribut-atribut tersebut, dan kemudian menggunakan metric itu untuk memberikan indicator yang akan membawa pada sebuah strategi pengembangan.

Proses adalah factor yang dapat dikontrol dalam mengembangkan kualitas perangkat lunak serta unjuk kerja organisasional.

Baca Juga  :