RUANG LINGKUP SUMBER DAYA ALAM

RUANG LINGKUP SUMBER DAYA ALAM

RUANG LINGKUP SUMBER DAYA ALAM

Pengertian sumberdaya alam

meliputi semua sumberdaya dan sistem yang bermanfaat bagi manusia dalam hubungannya dengan teknologi, ekonomi dan keadaan social tertentu. Karena perkembangannya definisi itu mencakup system ekologi dan lingkungan.

Setelah dikuasai manusia sumberdaya tersebut disebut barang-barang sumberdaya ( resource commodity ). Jadi, sumberdaya alam tergantung pada keadaan yang kita warisi dari saat lampau, tingkat teknologi saat ini maupun yang akan datang, serta kondisi ekonomi maupin selera.

Adanya sumberdaya alam

dapat dilihat dalam arti persediaan atau stok yang ada pada suatu saat ( reserve ) atau aliran dari barang-barang sumberdaya alam atau jasa yang dihasilkan oleh stok sumberdaya alam tersebut. Stok menunjukkan apa yang diketahui tersedia bagi penggunaan sepanjang waktu, sedangkan aliran barang dan jasa menunjukkan bahwa barang dan jasa sedang dimanfaatkan. Macam Sumber daya alam ada yang dapat diperbaharui, contohnya: matahari, gelombang laut, tanah pertanian, hutan, perikanan, udara dan air  dan ada yang tidak dapat diperbaharui, contohnya: bijih mineral, minyak fosil.

Dapat diperbaharuinya sumberdaya

alam tergantung pada cara pengelolaan yang tidak merusak, seperti pada tanah pertanian, perikanan, pembuangan sampah karena beberapa perubahan terhadap sumberdaya alam tidak dapat dikembalikan lagi ( irreversible ). Tersedianya sumberdaya alam tergantung pada tersedianya teknologi, tingkay biaya dan kendala social.

Baca Juga :