SLBN A Kota Bandung Gelar USBN Menggunakan Huruf Braille

SLBN A Kota Bandung Gelar USBN Menggunakan Huruf Braille

SLBN A Kota Bandung Gelar USBN Menggunakan Huruf Braille

Sebanyak 13 siswa SLBN A Kota Bandung mengikuti Ujian Sekolah Berstandar

Nasional (USBN), Senin, (18/3/2019). Dalam pelaksanaanya, siswa mengerjakan soal yang telah dibuat dalam bentuk huruf braille.

Kepala Sekolah SLBN A Kota Bandung, Wawan menjelaskan, penggunaan soal huruf braille adalah upaya untuk melaya peserta didik dengan baik, yakni menyesuaikan kebutuhan siswa. “Kami harus melayani dengan baik. Kita pun memodifikasi soal, menysesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, karena mereka pun memiliki hak yang sama seperti peserta didik lainnya,” tuturnya.

Dia pun menjelaskan, peserta USBN tahun ini dibagi menjadi 3 ruangan

. Ruang pertama dan kedua diisi oleh 8 siswa penyandang disabilitas netratotally blind/tunanetra total. Sedangkan ruang tiga diisi oleh 2 siswa dengan Multiply Disbalities with Visual Impairment (MDVI) atau tunanetra dengan hambatan lain.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Tri Bagio menyatakan, seluruh siswa telah mengikuti try out sebelum memulai ujian, sehingga dia yakin seluruh siswa telah siap untuk mengikuti ujian. “Kita lakukan try out mencangkup semua mata pelajaran yang diujikan,” paparnya.

Dia pun berharap seluruh siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

. Karena, sesuai dengan Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Pendidikan Khusus di Perguruan Tinggi, setiap perguruan tinggi harus mengakodomasi peserta didik disablitas, baik melalui seleksi yang diselenggatakan secara reguler maupun khusus.***

 

Baca Juga :